Melipir sejenak ke Wanurejo, Borobudur

Apa kabar Oktober? Sudah mulai sering hujan lagi ya.. Semoga tidak berlebihan. Oktober adalah salah satu bulan yang biasa saya pilih untuk berlibur. Entah mengapa.. Sudah beberapa tahun belakangan saya biasa memilih bulan Oktober untuk melakukan trip.

Minggu lalu saya berkunjung ke Jawa Tengah. Kota yang selalu ramah menyapa tamu – tamunya. Kadang saya merindu kota yang baru saja merayakan hari jadinya yang ke 257 itu. Persis di hari yang sama dengan hari ulang tahun saya. Akhirnya saya bisa merayakannya di Jogjakarta.

Melipir ke Magelang adalah salah satu dari itinerary trip saya. Saya rindu Borobudur dan sekitarnya. Sebelum berangkat ke sana saya sudah membooking penginapan di desa Tingal Wetan, Wanurejo, Borobudur. Rumah Boedi Private Residences Borobudur yang saya pilih, villa yang berjarak sekitar 1,5 kilo meter dari Candi Borobudur. Jam 5.30 sore saya tiba di Terminal Borobudur. Terminal sepi yang berhawa sejuk, berbeda sekali dengan terminal – terminal di Ibu kota negara kita ini. Begitu menginjakkan kaki di Terminal Borobudur, seorang laki-laki berumur sekitar 35 tahunan menyapa saya dan menawarkan jasa transportasi “Bentor”, Becak Motor. Saya duduk sebentar di warung kopi terminal sambil menanyakan tempat tujuan saya kepada si Mas Bentor. Tepat seperti yang di informasikan pihak Rumah Boedi Villa bahwa saya harus menempuh jarak sekitar 1,5 kilo atau kurang lebih 20 menit dengan menggunakan Bentor. Setelah mendapatkan harga yang cocok yaitu Rp 25.000 saya diantar ke penginapan yang nampak asri dari foto-foto yang saya lihat di websitenya. Mas Bentor pun sudah mengetahui lokasi Rumah Boedi, nampaknya sudah cukup familiar di daerah sana. Dia juga menawarkan saya untuk melihat sunrise dari atas bukit Punthuk Setumbu di dekat area villa. View sunrisenya adalah desa sekitar dan Candi Borobudur. Konon Gunung Merapi dan Merbabu akan terlihat dari bukit itu. Indah tentunya! Jam 4.30 pagi harus sudah siap jika ingin diantar ke bukit tersebut. Dengan tarif Rp 30.000/orang untuk biaya masuk ke kawasan bukit, serta ongkos Bentor empat puluh ribu rupiah bisa untuk dua penumpang. Di Rumah Boedi pun ada fasilitas mobil yang akan mengantar anda melihat sunrise dengan biaya Rp 150.000/orang.

Check in di Rumah Boedi dan disambut dengan keramahan para pegawainya. Saya memesan kamar studio, yang sudah memiliki view taman kecil disetiap kamarnya. Ketika staffnya mengantar saya menuju kamar, pemandangan nan asri langsung nampak di pendopo depan Rumah Boedi. imageAda beberapa sofa nyaman dan kursi serta lemari kayu dan piano dan juga beberapa barang lawas yang tertata rapi. Air mancur menambah suasana menjadi semakin asri dengan taman dan satu set kursi diletakkan di outdoor. Langsung membuat saya jatuh cinta dengan villa ini.

Beranjak ke kamar yang memiliki pintu kayu sebagai gerbang masing – masing setiap kamar membuat lebih private rasanya. Masuk ke dalam kamar yang memang tak telalu besar namun cukup nyaman dengan view taman kecil private. Menyanangkan rasanya. Melemparkan badan ke kasur empuknya, mengistirahatkan kaki sejenak. Namun karena ada tawaran coffee & tea time sampai jam 6 sore, saya segera beranjak ke pendopo untuk menikmati senja yang agak mendung dengan angin segar di kawasan Borobudur itu. Coffee and Tea… Serta beberapa cemilan sore yang menambah suasana serasa di rumah sendiri.. Hmmm.. Saya suka tempatnya. Asri.. Ramah.. Tenang.. Seperti berada di rumah sendiri.

image

Malamnya menikmati dinner, under the starlight between the trees. Romantis ya.. Di tengah taman terbuka, duduk berdua dengan iringan musik love song sebagai bagian dari ambiance. Apalagi jika ada live music acoustic. Wah, pasti menjadi lebih hidup suasananya. Makanan yang cukup nikmat dengan harga rata-rata makanan hotel. Berkisar mulai Rp 25.000 – Rp 100.000.

image

Sayangnya keesokan harinya saya bangun kesiangan. Batal melihat sunrise dan ternyata pagi itu mendung. Akhirnya saya berjalan – jalan di sekitar villa. Ternyata dari pintu samping resto akan ada pemandangan sungai dikelilingi pohon – pohon dan bukit. Indah sekali pagi itu. Udara segar dan pemandangan hijau. Jadi semakin malas untuk beranjak. Menikmati sarapan yang cukup nikmat dan sayangnya saya harus kembali ke Jogjakarta karena penerbangan jam 12 siang. Dengan berat hati bergegas ke kamar. Tak sempat meminjam sepeda ontel yang disewakan Rp 35.000/hari. image Padahal sekeliling penginapan adalah desa yang menarik untuk dikunjungi. Workshop batik, kerajinan dan tentunya Candi Borobudur. Harus kembali ke sini lagi dengan waktu yang cukup lowong.. Saya membatin.

Magelang adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang masih hijau dan jauh dari ramainya kota. Tepat untuk dijadikan tempat refreshing anda dengan pasangan ataupun keluarga. Dari Jakarta anda bisa mengambil penerbangan, kereta atau juga bis ke Jogjakarta dan lanjut sewa mobil dengan biaya sekitar Rp 350.000 untuk mengantar anda ke Magelang dan sekitarnya seharian. Atau menggunakan transportasi umum yaitu naik Trans Jogja transit Condong Catur dan lanjut ke Terminal Jombor hanya dengan tarif Rp 3.000/orang. Dari Terminal Jombor hanya perlu naik bus kecil jurusan Terminal Borobudur dengan tarif Rp 15.000/orang, dengan waktu tempuh sekitar satu jam anda sudah sampai di Terminal Borobudur. Rumah Boedi Private Residence adalah pilihan yang cukup tepat untuk bermalam dan menikmati suasana asri dan heritagenya. Harga promonya mulai dari Rp 600.000. Kunjungi websitenya di http://www.rumahboediborobudur.com untuk informasi lebih lengkap.

image

Weekend getaway yang menyenangkan. Indonesia yang saya cintai dengan hamparan pemandangan alam indah, lahan hijau luas dan juga dikelilingi pulau – pulau yang indah, penduduk serta budaya yang beragam. Masih ada yang ingin mendustakan kekayaan besar alam negeri ini? Ayo pilih destinasi anda, rencanakan liburan di negeri sendiri dan temukan keindahan asli negeri ini. Indonesia tanah air beta! 🙂

-ndie 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s