Epic Sunday…

Minggu sore ke UGD. Bukan hal yg saya inginkan tentunya. Setelah seminggu belakangan cukup hectic dan makan kurang teratur, tadi siang dada saya terasa sesak. Asma saya kambuh. Saya kabari beberapa teman untuk berjaga-jaga. Setelah 5 semprotan Ventolin masuk ke tubuh saya, tak lama lengan, bagian perut dan dada terasa keram. Bahkan jari2 saya kaku tak bisa lagi digerakkan untuk mengetik pesan seperti yang sebelumnya saya lakukan. Hampir sekujur tubuh saya terasa keram dan kaku. Saya panik, saya telfon Mbak Nia penjaga kostan, ternyata dia sedang berada di luar, Tanjung Priuk tepatnya. Saya menelfon seorang teman dan jemari saya semakin kaku. Telfon terputus. Saya kembali menelfon Mbak Nia untuk menanyakan dimana dokter atau Rumah Sakit terdekat. Ternyata di belakang Total Buah ada Klinik 24 Jam. Saya bergegas memakai sweater seadanya dan menuruni anak tangga perlahan. Menunggu taksi di depan jalan kostan. Dan di situ saya semakin merasa bersalah terhadap diri sendiri. Saya yang membuat penyakit asma ini kambuh. Saya yang kurang mempedulikan kesehatan saya sendiri belakangan ini.

Akhirnya saya sampai di Klinik dan menemui dokter dengan kondisi yang sudah lebih baik. Hanya jari tangan saya masih gemetar. Dokter observasi saya dan asma saya sudah hilang bersama Ventolin namun tubuh saya terkena impact dosis semprotan Ventolin yang berlebih tadi. Dokter yang masih muda, saya kurang puas rasanya, tak bertemu dokter yang biasa menghandle saya. Iya, dia di Depok. Tak mungkin dengan kondisi tadi saya ke Depok.

Kejadian sore ini membuat saya memberikan note terhadap diri sendiri. Bahwa kesehatan saya haruslah tetap menjadi yang utama. Siapa lagi selain saya sendiri yang akan menjaganya.
Mulai hari ini saya benar-benar akan berhenti merokok. Kembali hidup sehat seperti sebelumnya. Olah raga teratur dan menjaga pola makan dan istirahat.
Kesehatan lah yang paling mahal. Dan sudah seharusnya hal tersebut menjadi point penting yang harus dijaga.

-ndie
@indietriana

Leave a Reply

